Kamis, 13 Maret 2008

silabus biologi

SILABUSMata Pelajaran : BiologiKelas/Program : XSemester : 1Standar Kompetensi: : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi.Alokasi WaktuKompetensiDasarMateri Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian AlokasiWaktu(menit)Sumber/Bahan/Alat1.1Mengidentifikasi ruanglingkup Biologi.Ruang lingkup Biologi.o Biologi sebagai ilmu dankedudukannya. Biologimerupakan ilmu yangmengkaji makhluk hidupdengan segalapermasalahannya. Biologibagian dari sains yangmemiliki karakteristik yangsama dengan ilmu sainslainnya. Ruang lingkupbiologi meliputi objek biologidan permasalahannya dariberbagai tingkat organisasikehidupan (sel, jaringan,organ, sistem organ,individu,populasi, komunitas,ekosistem, biosfer). Biologimenentukan perkembanganteknologi.§ Melakukan pengamatankegiatan yang berkaitan denganbiologi§ Diskusi tentang karakteristikilmu biologi di antara ilmu sainlainnya§ Menggali informasi dariberbagai sumber informasitentang manfaat mempelajariilmu biologi terhadap dirinyadan lingkungannya dalamkehidupan· Menjelaskan karakteristik ilmubiologi· Menjelaskan apa yang dikajioleh ilmu Biologi.· Menunjukkan kedudukan danketerkaitan biologi dengan ilmuyang lain.Jenis tagihan:Tugas individu,tugas kelompok,Performans,ulangan.Bentuk tagihan:Produk, unjukkerja,pengamatansikap, pilihanganda, urainan.2 X 45’Sumber:Buku Paket.Alat:OHP/Komputer/LCD, VCD/CDplayer.Bahan:LKS, BahanPresentasi,gambar-gambarmasalah biologi,charta keilmuan.Direktorat Pembinaan SMA-Jakarta 2KompetensiDasarMateri Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian AlokasiWaktu(menit)Sumber/Bahan/Alato Bekerja ilmiah.Dalam mempelajari danmengembangkan ilmu Biologidigunakan metoda ilmiah. Parailmuwan dalam menyelesaikanmasalah harus mampumelakukan kerja ilmiah danmampu bersikap ilmiah.§ Menganalisis kedudukan ilmubiologi dengan ilmu lainmenggunakan diagram/chartakeilmuan· Menjelaskan keterkaitan Biologidengan metoda ilmiah.· Memberikan contoh pemecahanmasalah biologi denganmetoda ilmiah.· Memberikan contoh manfaatmempelajari biologi.· Memberikan contoh masalahbiologi dan cabang ilmu biologiyang ikut andil membantumenyelesaikan1.2Mendeskripsikan objek danpermasalahanbiologi padaberbagaitingkatorganisasikehidupanObjek dan permasalahan biologipada berbagai tingkat organisasikehidupan.o Objek Biologi.Kajian biologi meliputi makhlukhidup dengan segalapermasalahannya, mulai dariindividu (molekul, senyawa, sel,jaringan, organ, sistem organ),§ Menganalisis apa sajayang menjadi objekbiologi menggunakanberbagai gambar/charta/video/CD yangsesuai mulai dari molekulsampai bioma.§ Menemukan· Memberikan contoh objekbiologi pada berbagai tingkatorganisasi kehidupan.· Memberikan contoh masalahbiologi pada berbagai tingkatorganisasi kehidupan.Jenis Tagihan:Tugas kelompok,Performans,Ulangan.Bentuk Tagihan:Produk, unjuk4 X 45’ Sumber:Buku PaketAlat:OHP/Komputer/LCD.Direktorat Pembinaan SMA-Jakarta 3KompetensiDasarMateri Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian AlokasiWaktu(menit)Sumber/Bahan/Alat(molekul, sel,jaringan,organ, individu,populasi,ekosistem, danbioma)populasi, komunitas, ekosistemsampai bioma yang ditemukanpada lapisan bumi biosfer.o Masalah biologi padaberbagai tingkat organisasikehidupan.Masalah biologi dapat terjadipada tingkat molekul, senyawa,jaringan sampai bioma. Contohpada tingkat organ sepertikanker kulit, patah tulang. Padatingkat ekosistem, hampirpunahnya badak bercula satu,berubahnya sawah menjadipemukiman dll.· Metoda ilmiah.Dalam mempelajari danmengembangkan ilmu Biologidigunakan metoda ilmiah. Parailmuwan dalam menyelesaikanmasalah harus mampumelakukan kerja ilmiah danmampu bersikap ilmiah.permasalahan biologimelalui pengamatankondisi lingkungansekolah, danmengusulkan alternatifpemecahan masalahnyamelalui kerja kelompok.§ Menyaksikan Video/CDtentang kerja seorang ahlibiologi memecahkanmasalah keilmuan,menemukan sistematikametoda ilmiah, bekerjadan bersikap ilmiah.§ Menyaksikan Video/CDtentang kerja seorang ahlibiologi memecahkanmasalah keilmuan,menemukan sistematikametoda ilmiah, bekerjadan bersikap ilmiah.· Mengusulkan alternatifpemecahan masalah biologidengan rencana penelitiansederhana yang dapatdilakukan.· Memberikan contoh pemecahanmasalah biologi denganmetoda ilmiah.· Memberikan contoh manfaatmempelajari biologi.Memberikan contoh masalahbiologi dan cabang ilmubiologi yang ikut andilmembantu menyelesaikankerja,pengamatansikap, pilihanganda, uraian.Bahan:LKS, Bahanpresentasi,Berbagaigambar tingkatorganisasikehidupan.Standar Kompetensi: : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup..

Tidak ada komentar: